October 5, 2022

DIDIK NINI THOWOK

entertainment

Didik Nini Thowok Mencicipi Dunia Perfilman

Siapa yang tidak kenal dengan Didik Nini Thowok? Beliau merupakan salah satu senior tari yang bergenre temporer dan kental dengan kesenian tari daerah. Memiliki bakat dan kemampuan tersebut telah digeluti beliau dari masa remaja. Meskipun telah terjun dalam lingkaran tari, namun beliau tak takut mencoba sesuatu hal yang baru di dunia pertujukan juga yang mengandalkan kemampuan akting yakni di dunia perfilman.

Film perdana sang maestro tari Didik Nini Thowok berjudul Jagad X Code film ini rilis pada 5 Februari 2009 berdurasi 1h 30m yang disutradarai oleh Herwin Novianto bercerita tentang tiga orang laki-laki yang tinggal di kampung Kali Code Yogyakarta buta teknologi namun mereka ditugaskan untuk menemukan penyimpanan data (flashdisk) yang berisi dokumen rahasia oleh preman lokal. Didik Nini Thowok di dalam film tersebut berperan sebagai tukang cukur. Beradu akting dengan aktor dan aktris yang tidak kalah terkenal antara lain Ringgo Agus, Opi  Bachtiar, Mario Irwinsyah, Tika Putri, Tio Pakusadewa dan pemain lainnya membawa film tersebut populer.

Film kedua berjudul Preman in Love yang rilis pada 18 Juli 2009 disutradarai oleh Rako Priyadi berkisah tentang preman desa bernama Sahroni diperankan oleh Tora Sudiroo yang merupakan preman desa di kaki gunung Sumbing yang jatuh cinta dengan anak pak lurah yang bernama Rini diperankan oleh Fanny Fabriana, cinta tersebut yang mampu mengubah kehidupan Sahroni secara total. Didik Nini Thowok di film tersebut berperan sebagai Junaedi yang merupakan seorang guru hobi korupsi, peran beliau begitu menjiwai dan memukau saat menjadi seorang guru SD. Selain bintang muda yang berperan dalam film tersebut namun juga menggandeng beberapa tokoh senior diantaranya Mawarto dan Den Baguse Ngarso.

Film ketiga yang dibintang oleh Didik Nini Thowok berjudul Wonderful Life rilis pada 10 Oktober 2016 disutradarai oleh Agus Makkie, film ini berdurasi 1h 19m. Film ini bergenre keluarga yang diadaptasi dari sebuah novel. Film Wonderful Life menjadi salah satu film populer pada masanya dibuktikan tercatat berhasil mendapatkan 3 nominasi Pila Citra Festival Film Indonesia 2016, pemeran utama terbaik (Atiqah Hasiholan) dan pemeran anak terbaik dan penata efek visual terbaik. Didik Nini Thowok didalam film tersebut berperan sebagai ahli herbal.

Selain menjalani profesi dan hobi sebagai penari Didik Nini Thowok mampu berakting dengan sangat memukau di beberapa film yang dibintangi.  Beberapa film yang telah dibintanginya memiliki karakter dan penjiwaan yang sangat berbeda.

Akting Didik Nini Thowok dalam beberapa film:

1. Film Jagad X Code

10:00 – 10:56
18:02 – 18:42
1:05:38 – 1:07:28

2. Preman in Love

02:44 – 04:58
06:10 – 07:36
14:03 – 14:47

3. Wonderfull Life

30:21 – 32:13